Rabu, 04 November 2009

Tugas Analisis Kinerja Sistem

Perbedaan Dua Buah ATM

Pengertian ATM

(Automatic teller machine atau automated teller machine) di Indonesia biasa disebut dengan (Anjungan Tunai Mandiri) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah Bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia. Banyak ATM juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko.

BNI Automated Teller Machine (ATM)

BNI ATM Deskripsi
Layanan perbankan yang dilakukan melalui mesin ATM (Automatic Teller Machine) yang dapat melayani selama 24 jam, guna melakukan transaksi perbankan meliputi penarikan tunai, inquiry saldo rekening tabungan, setoran tunai (melalui mesin CDM) dan melakukan berbagai jenis pembelian dan pembayaran tagihan tanpa harus datang langsung ke Kantor Cabang BNI dan tanpa terikat waktu.

Jenis Mesin BNI ATM

  1. ATM Mesin ATM yang dapat melakukan transaksi pengambilan tunai dan transaksi lain seperti inquiry saldo rekening, transfer, ganti PIN, pembelian dan pembayaran tagihan. Saat ini telah tersedia dan tersebar di seluruh Indonesia untuk melayani nasabah BNI. BNI ATM juga dapat melayani nasabah non BNI namun hanya dapat melakukan transaksi penarikan tunai dan inquiry saldo.
  2. ATM Non Tunai Mesin ATM yang hanya dapat melakukan transaksi seluruh transaksi non tunai seperti inquiry saldo rekening, transfer, ganti PIN, pembelian dan pembayaran tagihan dan tidak dapat melakukan transaksi pengambilan tunai. Saat ini tersedia di beberapa Kantor Cabang di Jakarta untuk melayani nasabah BNI, untuk non nasabah ATM Non Tunai hanya dapat melayani transaksi Inquiry Saldo. Secara fisik bentuk ATM Non Tunai berbeda dengan ATM biasa, karena ATM Non Tunai tidak memiliki ’body’ mesin seperti mesin ATM pada umumnya dan hanya berupa layar monitor dan papan ketik (keyboard) pada bagian depan layar.
  3. ATM Setoran Tunai (CDM – Cash Deposit Machine) Mesin ATM yang dapat menerima setoran tunai dan inquiry saldo rekening. ATM Setoran Tunai tidak dapat melakukan transaksi pengambilan tunai, transfer, ganti PIN, pembelian dan pembayaran tagihan. Saat ini tersedia di beberapa Kantor Cabang di Jakarta untuk melayani nasabah BNI. Secara fisik bentuk ATM Setoran Tunai hampir sama dengan ATM biasa, namun pada sisi depan terdapat lubang / laci yang digunakan untuk meletakkan uang yang akan disetor. Untuk melakukan setoran tunai, nasabah harus menggunakan kartu BNI Card dan nomor PIN yang sama dengan yang digunakan pada mesin ATM biasa. Tidak memerlukan aktifasi atau membuat nomor PIN baru untuk transaksi ini. Saldo rekening akan ter-update secara real time.
  4. Drive Thru Mesin ATM yang dapat melakukan seluruh transaksi seperti halnya ATM biasa meliputi penarikan tunai, inquiry saldo, transfer, ganti PIN, pembelian dan pembayaran tagihan. ATM Drive Thru memiliki keunikkan dalam lokasi dan bentuk karena didesain khusus untuk dapat melayani nasabah tanpa harus turun dari mobil. Saat ini tersedia di beberapa lokasi di Jakarta untuk melayani nasabah BNI. Untuk nasabah non BNI dapat dilayani hanya untuk transaksi penarikan tunai dan inquiry saldo.

Pengguna BNI ATM

  • Seluruh nasabah BNI yang memiliki kartu BNI Card dan non nasabah BNI yang memiliki Kartu ATM / Kartu Debit / Kartu Kredit dengan jaringan Visa, Visa Electron, Plus, MasterCard, Maestro, Cirrus, Link dan ATM Bersama.

Manfaat

  • Dapat menarik uang tunai dalam 24 jam. Nasabah tidak lagi tergantung jam pelayanan bank atau hari libur untuk mengambil uang tunai.
  • Dapat digunakan sebagai kartu debit (Maestro).
  • Bebas dari antrian yang panjang.
  • Menghemat waktu, karena tidak lagi mengikuti prosedur administrasi.
  • Selain menarik uang tunai juga dapat melihat saldo dan melakukan pemindahbukuan.
  • Lebih gampang dicapai karena ATM BNI tersedia di berbagai lokasi strategis.
  • Informasi Saldo
  • Pembelian Voucher Isi Ulang
  • Pemindahbukuan
  • Pembayaran Kartu Kredit
  • Pembayaran Telpon (Telkom dan Telpon Seluler)
  • Pembayaran PAM
  • Pembelian Tiket Pesawat

Cara mendapatkan Kartu ATM :

  • Membuka Rekening Taplus
  • Membuka Rekening Giro

Maksimal Penarikan melalui ATM :

  • Taplus : Rp. 5 juta per hari
  • Taplus Utama : Rp. 10 Juta per hari
  1. Ganti Pin
  2. Transfer
  3. Penarikan Tunai Kartuplus
  4. Penarikan Tunai CC BNI
  5. Penarikan Tunai Cirrus
  6. Penarikan Tunai Plus
  7. Penarikan Tunai ATM LINKPenarikan Tunai ATM Bersama
  8. Informasi Saldo Kartu Plus
  9. Informasi Saldo Cirrus
  10. Informasi Saldo Plus
  11. Informasi Saldo LINK
  12. Informasi Saldo ATM Bersama
  13. Penarikan Tunai Kartu BUKOPIN
  14. Informasi Saldo Kartu BUKOPIN

Bill Payment

Isi Ulang/ Pembelian

Telkom
Telkomsel
Satelindo
Indosat IM3 Bright
Credit Card BNI
Credit Card Citibank
Credit Card Standard Chartered
Credit Card HSBC
Credit Card ANZ
Credit Card GE
Air Minum TPJ

Chartered
Credit Card HSBC
Credit Card ANZ
Credit Card GE
Air Minum TPJ

Mentari
Simpati
IM3 Smart
Debit Plus BNI
Ticketing Garuda

ATM MANDIRI

Dengan Kartu ATM Mandiri dan Kartu Debit Mandiri Anda memegang kunci utama mengakses rekening Tabungan/Debit Mandiri atau Giro Mandiri Anda setiap saat diperlukan. Anda dapat melakukan berbagai transaksi perbankan penarikan tunai, informasi saldo dan transaksi lainnya.

Kebebasan

Anda dapat leluasa melakukan transaksi penarikan tunai, transfer antar rekening dan transaksi lain tanpa dibatasi oleh waktu dan hari (24 jam dalam sehari, 365 hari dalam satu tahun

Fitur dan Menu Layanan

Mandiri ATM.. Semakin Dekat, Semakin Mudah

Mandiri ATM, Semakin dekat

Anda dapat melakukan aktivitas perbankan melalui lebih dari 4.194 Mandiri ATM yang tersebar di lokasi-lokasi yang strategis di seluruh propinsi di Indonesia.

Mandiri ATM, Semakin mudah

Berbagai jenis transaksi dapat dilakukan di Mandiri ATM, mulai dari pembayaran tagihan, isi ulang pulsa, pembelian tiket, inquiry, transfer antar rekening, cetak 5 transaksi terakhir, dll.

Mandiri ATM, 24×7

Layanan Mandiri ATM dapat dimanfaatkan setiap saat, 24 jam sehari 7 hari seminggu

Mandiri ATM, Multi akses.

Selain menggunakan Kartu Mandiri, Mandiri ATM juga melayani transaksi menggunakan kartu Mandiri VISA, Kartu BSM, kartu berlogo Link serta kartu berlogo Visa/Plus/Visa Electron

Mandiri ATM, bebas biaya transaksi

Layanan Mandiri ATM tersedia dengan gratis (kecuali untuk pembayaran listrik dan pencetakan mutasi).

Mandiri ATM, didukung layanan Call Mandiri 14000

Untuk informasi lengkap atau apabila terdapat permasalahan dalam penggunaan Mandiri ATM, nasabah dapat menghubungi layanan Call Mandiri 14000

Fitur/Layanan Mandiri ATM

1. Fitur Standar / Akses ke Rekening
Penarikan Tunai, Inquiry Saldo, Transfer Antar Rekening, Penggantian PIN, Inquiry Rek. Valuta Asing, Inquiry Rek. Pinjaman, Cetak 5 Transaksi Terakhir

2. Payment Umum/Utilities/Open Payment
Mandiri Visa, PLN, Tiket Garuda, Kompas, XL Kita, OTO-Multiartha, AXA Mandiri, BSI, AMIKOM, Indovision, Indosatnet, CBN, Air Efata

3. Pembayaran Tagihan Telepon
Telkom, kartu Halo, Matrix, IM3 Bright, XL/Xplor, FREN, Esia, Telkom Flexi

4. Isi Ulang Pulsa;
Simpati, Mentari, IM3 Smart, FREN, Esia, Flexi Trendy, XL/bebas

5. Registrasi
SMS Banking Mandiri, Internet Banking Mandiri, Call Mandiri

6. Kartu Mandiri Visa
Cash Advance, Inquiry Tagihan

Tips Penting bagi Nasabah

1. Pada Saat Menerima Kartu ATM

· Segera tanda tangani kartu pada kolom signature panel.

· Buat catatan berisi nomor rekening, nomor kartu dan nomor telepon cabang dan Call Mandiri. Simpanlah catatan ini di tempat yang aman.

· Segera lakukan penggantian PIN awal. Selanjutnya biasakan mengganti PIN secara berkala. Hindari membuat rumusan PIN yang mudah ditebak misalnya tanggal lahir, atau nomor telepon.

· Hapalkan PIN. Hindari menulis PIN di dompet, tas, pada kartu atau media lain yang mudah dibaca orang lain

· Dianjurkan untuk melakukan registrasi/pendaftaran sarana ebanking lainnya seperti Internet Banking, SMS Banking dan Call Mandiri, agar lebih mudah untuk memonitor rekening.

2. Selama Menjadi Nasabah

· Jangan pernah memberitahukan PIN kepada orang lain, baik lisan, melalui telepon atau SMS

· Jangan pernah memberikan nomor kartu kepada pihak lain selain kepada Bank Mandiri.

· Pastikan kartu selalu berada di tempat yang aman.

· Kartu jangan sampai tertekuk atau tergores.

· Segera telepon Call Mandiri 14000, apabila kartu hilang atau dicuri, sekaligus minta agar kartu diblokir.

· Dalam melakukan pembayaran tagihan PLN dan Telkom, sebaiknya lakukan pembayaran lebih dini, mengingat pada saat menjelang due date pembayaran, biasanya akan terjadi load yang sangat tinggi pada system PLN dan Telkom, sehingga tingkat keberhasilan transaksi bisa menurun.

3. Saat Bertransaksi

· Batalkan transaksi dan segera laporkan ke bank, jika menemukan tanda-tanda yang mencurigakan di ATM, seperti benda-benda asing/kabel yang tidak wajar.

· Segera pindah ke ATM lain jika lokasi ATM gelap atau tersembunyi

· Pada saat antrian di ATM pastikan orang lain tidak bisa melihat PIN dan nomor kartu.

· Untuk menghindari terjadinya salah bayar, maka sebelum melakukan konfirmasi akhir untuk transaksi pembayaran yang dilakukan, periksa kembali secara seksama (melalui screen konfirmasi) data nomor telepon, ID pelanggan PLN, kode booking, atau nomor kartu kredit yang telah dientry sebelumnya.

· Periksa bukti transaksi sebelum meninggalkan ATM. Simpanlah bukti tersebut.

· Segera mengambil uang dan kartu, karena bila terlalu lama tidak diambil maka uang atau kartu akan masuk kembali ke dalam mesin.

· Hindarkan menghitung uang di tempat yang terbuka

· Jika kartu tertelan mesin, segera hubungi petugas cabang. Apabila petugas cabang tidak ada segera hubungi Call Mandiri 14000 dan minta kartu agar diblokir.

Demikianlah perbedaan 2 atm menurut saya, mohon maaf bila masih banyak kesalahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar