Sabtu, 06 Maret 2010

IPKIN

Di Indonesia sudah berdiri sebuah orgsanisasi profesi dibidang komputer sejak tahun 1974 yang bernama IPKIN. Pada awal berdirinya IPKIN memang bukan merupakan organisasi profesi. IPKIN saat itu merupakan singkatan dari Ikatan Pengguna Komputer Indonesia, yang beranggotakan para praktisi pengguna computer di Indonesia. Namun seiring perkembangannya, IPKIN berganti nama menjadi Ikatan Profesi Komputer dan Informatika Indonesia (Indonesian Computer Sosiety – ICS).

IPKIN (Ikatan Profesi Komputer dan Informatika Indonesia) didirikan pada 18 April 1974 di Jakarta dan berstatus independen, Adapun fungsi IPKIN sebagai berikut :

1. Menyelenggarakan/ikut serta dalam kegiatan
ilmiah yang berkaitan dengan bidang
komputer dan informatika
2. Menghimpun, mengelola dan
mengembangkan bahan kepustakaan
3. Menerbitkan Buletin IPKIN dan publikasi
ilmiah lain
4. Mengadakan kerja sama dengan organisasi
sejenis dari dalam dan luar negeri

IPKIN (Ikata Profesi Komputer dan Informatika Indonesia) telah memiliki standar tingkat atau jenjang di bidang IT. Namun standar ini harus diperbaiki mengingat adanya teknologi dan bidang baru. Sebagai contoh, dalam standar ini belum ada informasi mengenai web desainer atau web programmer. IPKIN uga turut serta dalam mendirikan SEARCC (South East Asia Regional Computer Confederation) yang merupakan suatu forum/badan yang beranggotakan

himpunan profesional IT (Information Technology) yang terdiri dari 13 negara. Dalam hal sertifikasi SEARCC memiliki peranan dalam hal :

Menyusun panduan

Memonitor/dan bertukar pengalaman

Mengakreditasi sistem sertifikasi, agar mudah diakui oleh negara lain anggota SEARCC

Mengimplementasi sistem yang terakreditasi tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar